Copyright 2017 - Custom text here

Teater Yunani Kuno, atau drama Yunani kuno, adalah kebudayaan teater yang berpuncak pada masa Yunani Klasik antara 550 SM dan 220 SM. Negara-kota Athena, yang ketika itu merupakan salah satu kekuatan militer, politik, dan budaya yang signifikan di Yunani, merupakan pusat kebudayaan teater.

Monumen Acropolis telah bertahan kerusakan beberapa abad terakhir, baik dari zaman kuno dan orang-orang dari Abad Pertengahan. Sampai abad ke-17, wisatawan asing yang berkunjung ke monumen menggambarkan keutuhan bangunan klasik ini.

Hal ini tetap terjaga sampai pertengahan abad yang sama, ketika Propylaia diledakkan saat sedang digunakan sebagai gudang mesiu. Tiga puluh tahun kemudian, para penjajah Ottoman membongkar Kuil Nike dan menggunakan batuannya untuk memperkuat benteng Acropolis.

Erectheum atau Erekhteion adalah kuil Yunani kuno yang terletak di sebelah utara Akropolis di Athena sebagai tandingan dari kuil Parthenon. Kuil Erekhteion dibangun pada tahun 421 SM-405 SM namun dihancurkan oleh bangsa Persia. Orang Athena membiarkan reruntuhan kuil ini untuk mengingatkan masyarakat akan peristiwa perebutan Akropolis.

Parthenon adalah kuil untuk dewi Athena yang dibagun di puncak bukti tertinggi di kota Athena, yaitu di Akropolis ("Kota Tinggi"). Pada Zaman Perunggu Akhir, sekitar tahun 1300 SM, Akropolis merupakan tempat tinggal para raja, sekaligus merupakan tempat pertahanan terakhir jika kota Athena diserang. Setelah Zaman Kegelapan, kota Athena tidak lagi dipimpin oleh raja, sebagai gantinya mereka menerapkan oligarki. Dengan demikian, Akropolis tak lagi menjadi tempat kediaman raja, alih-alih, tempat ini menjadi tempat suci bagi dewi Athena, dan orang Athena membangun kuil untuknya di sana.

Acropolis Athena (Yunani Kuno: Ἀκρόπολις; Yunani Modern: Ακρόπολη Αθηνών Akropoli Athinon) adalah benteng kuno yang terletak di atas pegunungan batu di atas kota Athena dan berisi sisa-sisa beberapa bangunan kuno dengan arsitektur yang hebat dan sejarah yang panjang, yang paling terkenal adalah Parthenon. Kata Acropolis berasal dari kata Yunani ἄκρον (akron, "tepi, ekstremitas") dan πόλις (polis, "kota").