Copyright 2017 - Custom text here

Spanyol adalah salah satu negara yang mempunyai banyak sekali tempat yang indah untuk dikunjungi.

Waktu yang sangat singkat sekitar 6 hari kurang, kami menjelajahi beberap kota antara lain Barcelona, Valencia, Cordoba, Granada dan Madrid. Bisa dibayangkan waktu itu juga habis digunakan untuk perpindahan dari satu tempat ketempat yang lain, tetapi saya sangat menikmati semua yang dilewati walau tidak semua tempat yang direkomendasikan bisa didatangi.

Di Barcelona khususnya Nou Camp dan Sagrada Familia sempat dikunjungi, juga beberapa tempat yang menarik serta sempat bersembahyang jumat disuatu mesjid kecil yang menjadi rekomendasi bagi kaum muslim bila mau bersembahyang.

Silahkan diikuti beberapa kisah perjalanan di Spanyol dalam artikel singkat dan gambar dari beberapa tempat menarik.

Hotel Tijkal 1 yang kami tempati selama semalam di Real Madrid tidak jauh letaknya dari Plaza Mayor. Plaza Mayor (bahasa Inggris Main Square) dibangun pada Philip III pemerintahan 's (1598-1621) dan merupakan pusat plaza di kota Madrid, Spanyol. Terletak hanya beberapa blok jauhnya dari plaza lain yang terkenal, Puerta del Sol. Plaza Mayor berbentuk persegi panjang, berukuran 129 m × 94 m (423 ft × 308 ft), dan dikelilingi oleh tiga lantai bangunan yang juga berfungsi sebagai tempat tinggal memiliki 237 balkon menghadap Plaza. Plaza ini memiliki total sembilan entranceways.

Saat di Madrid pada tanggal 13 Oktober 2015, kami sempatkan berkunjung ke Santiago Bernabeu kandangnya Real Madrid. Walau baru datang dari Granada malam hari sekitar jam 22 dan sorenya akan terbang ke London tetapi kesempatan melihat Stadion ini sangat sayang dilewatkan begitu saja.

Pada awal abad ke-20, Real Madrid pertama kali bermain di Campo De O'Donnell, dan kemudian pindah ke stadion yang lebih besar Campo de Chamartin pada tahun 1924. Lalu tahun 1943, karena dirasa Chamartin sudah menjadi terlalu kecil lagi, Presiden klub Santiago Bernabéu memutuskan bahwa Madrid membutuhkan stadion baru dan modern yang bisa menampung 100.000 penonton.


Stadion baru ini mendapat dibangun di lokasi yang sama dari Campo de Chamartin. Konstruksi dimulai pada tahun 1945, dan pada 14 Desember 1947 Estadio Santiago Bernabéu resmi dibuka dengan pertandingan melawan juara Portugis OS Belenenses.

Salah satu situs bangunan lama yang tetap terjaga walaupin terletak di lorong keramaian kota.

La Rambla - Barcelona

La Rambla adalah tempat yang menjadi kunjungan wajib anda jika pergi ke Barcelona. Ini adalah jalan yang paling terkenal di Spanyol bahkan Eropa. Di kedua jalan pejalan kaki ini ada dua ruas jalan sempit  untuk kendaraan umum tetapi hanya untuk  jalan satu arah.
Justru jalan tengah dimana adalah jalan untuk pejalan kaki hampir tiga kali lipat dari lebar jalan mobil. Jalan ini menjadi indah karena barisan pohon-pohon besar dikedua sisi. Jenis kayu pohon ini adalah pohon ‘plane tree’ yang biasa dipakai naungan untuk taman-taman.

Dipenghujung jalan La Rambla adalah Plaça de Catalunya juga merupakan taman yang layak dikunjungi. Dijamin anda tidak perlu jauh-jauh berjalankaki untuk mendapatkan aneka barang mode  atau cindera mata karena disepanjang jalan ini baik dari jalan utama atau gang-gangnya semua menyediakan produk khasnya masing-masing.

La Sagrada Familia

Barcelona mempunyai gereja yang belum selesai dari La Sagrada Familia yang dirancang oleh Antoni Gaudi. Kebetulan sekali tempat kami menginap itu hanya berjarak 200 m dari bangunan unik ini. Ini adalah Tempat wisata di Barcelona yang paling terkenal dan mendapatkan lebih dari 3 juta pengunjung setiap tahunnya, sehingga Anda akan mendapatkan beberapa antrian untuk melihat interior di Gereja ini.

Barcelona (Bahasa Inggris /bɑrsɪˈloʊnə/, Katalan: [bərsəˈɫonə], bahasa Spanyol: [barθeˈlona]) adalah sebuah kota terbesar kedua di Spanyol dan merupakan ibu kota wilayah otonom Katalonia. Jumlah penduduknya di wilayah pusat kota adalah 1,6 juta jiwa. Bersama dengan wilayah di sekitar sisi kota, penduduknya berjumlah 4,5 juta jiwa.

Barca di waktu malam hari di Pusat Kota

Penduduk di wilayah metropolitan (kota dan kota-kota satelit) adalah sekitar 5 juta jiwa. Luas wilayahnya adalah 100,4 km² dan kepadatannya adalah 15.764/km² (2001).

Mencari Masjid di Barcelona cukup susah, untungnya kami dipandu oleh orang Indonesia yang tinggal di Barcelona dan bisa jumatan di Masjid Tariq bin Ziyad di San Rafael 10 yang kebanyakan pengunjungnya orang Pakistan untuk sembahyang Jumat. Masjid ini kecil seperti ruko yang di modifikasi dan mulainya sembahyang jumat itu jam 3 sore waktu setempat.

Kalau ke Barcelona rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi Stadion Nou Camp nya Barcelona FC. Kami berkesempatan menuju stadion megah ini pada tanggal 9 Oktober 2015 setelah tiba di kota Barcelona sore tanggal 8 Oktober 2015.

Camp Nou (dari bahasa Katalan yang artinya adalah "lapangan baru") adalah stadion sepak bola di Barcelona, Spanyol. Stadion ini mulai dibuka tahun 1957. Kapasitasnya adalah 98.772 kursi dan merupakan kandang dari FC Barcelona.

Menuju ke Valencia pagi hari tanggal 10 Oktober 2015 naik kereta dari Barcelona, hari sudah menjelang jam 11 ketika tiba di Valencia. Kami lalu menyimpan tas dan koper di locker stasiun kereta lalu memanfaatkan waktu setengah harian untuk menjelajah Valencia. Valencia merupakan kota ke 3 terbesar di Spanyol dan pusat kegiatan ada di Old Town. Valencia didirikan pada 138 BC oleh Roma, sejak saat itu kota di timur Spanyol ini telah berubah, tumbuh dan berkembang hingga menjadi seperti sekarang ini: sebuah kota yang penuh tradisi bersama dengan gaya modern yang menawan.